Kamis, 22 November 2012

Hope to Gaza

Gencatan Senjata Tercapai

http://www.eramuslim.com/berita/palestina/gencatan-senjata-tercapai.htm#.UK2NwWcfFdh 

gaza8 

Presiden Mesir, Muhammad Mursi, mengumumkan bahwa semua faksi di Palestina dan Israel telah mencapai gencatan senjata yang akan di mediasi oleh Kairo dan memastikan komitmen dari semua pihak.

Menteri Luar negeri Mesir Muhammad kamil Amr mengatakan,bahwa sebuah kesepakatan di capai untuk gencatan senjata dan mengembalikan ketenangan di jalur Gaza, hal itu berlaku pada jam sembilan malam waktu Kairo ( GMT 7)
Namun apakah isi dari perjanjian tersebut ?
Menurut sumber dari media resmi Mesir perjanjian gencatan senjata menetapkan bahwa:
- Israel menghenetikan semua serangan di jalur Gaza baik melalui darat, laut, dan udara termasuk serangan yang menargetkan individu.
-Faksi-faksi Palestina menghentikan semua serangan di jalur Gaza terhadap Israel, termasuk penembakan roket dan serangan terhadap garis perbatasan
-Membuka perlintasan dan memfasilitasi gerak orang atau barang dan bukan membatasinya atau menjadikannya target serangan di daerah perbatasan, pelaksanaan prosedur ini berlaku setelah 24 jam.
-Isu-isu lain akan dibahas apabila diminta
-Akses Mesir untuk menjamin masing-masing pihak mematuhi apa yang telah disepakati
-Komitmen kedua belah pihak untuk tidak melakukan tindakan apapun yang melanggar kesepakatan tersebut. (hr)


Note:
Alhamdulillah, setidaknya ada harapan untuk negeri Palestina. Semoga perjanjian ini dapat terlaksana dan tidak hanya hitam di atas putih.
Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar,,,,,,^_^

 

Tidak ada komentar: